Minggu, 30 Agustus 2015

Pendakian Gunung Okuhotakadake (Alpen Utara Jepang) 13-16 Agustus 2015

Selain gunung FUJI, terdapat banyak pegunungan di jepang dengan ketinggian 2.000 m s/d 3.000 mdpl (North Alps, South Alps, Central Alps, dll.) Alpen utara jepang, orang jepang menyebutnya dengan 北アルプス (Kita Arupusu/ North Alps). Merupakan deretan pegunungan utara di jepang.
North Alps
Pada kesempatan kali ini saya mendaki gunung Okuhotakadake dengan ketinggian 3190 mdpl. Bertepatan dengan liburan musim panas, bersama teman berkewarganegaraan berazil bernama Claudio Nakamura.

Kamis 13 Agustus 2015
Pagi buta pukul 4.15 datang jemputan Claudio Nakamura dengan mobil jeepnya. Segera kami berangkat menuju stasiun terdekat, pukul 5.15 kami naik kereta listrik dari stasiun Koga prefektur Ibaraki, menuju stasiun Matsumoto prefektur Nagano. Sepanjang perjalanan memasuki prefektur Nagano, terlihat indah pemandangan deretan pegunungan yang sangat asri. Sesampai Matsumoto waktu sudah menunjukkan pukul 12.00, kemudian kami ganti kereta yang menuju Shinsimasima, dari Shinsimasima perjalanan dilanjutkan dengan naik bus menuju Kamikouchi. Sesampai Kamikouchi waktu menunjukkan pukul 14.00, segera kami mendaftarkan diri di petugas camp setempat.
Kamikouchi Mountainering Technical Center
Kamikouchi merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam yang masih sangat alami dan merupakan pos pertama dari pendakian saya kali ini.

Kamikouchi
Setelah makan siang, pukul 15.00 kami memulai perjalanan dari Kamikouchi menuju pos kedua yaitu Tokuzawa.
Dengan berjalan santai, untuk menikmati pemandangan di sepanjang jalan. Terdapat banyak sungai dan rawa dengan air yang sangat jernih dengan jalan yang dibuat dari kayu sehingga terasa sangat menarik sekali. Sangat indah alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Pukul 18.30 kami tiba di Tokuzawa. Sudah banyak tenda berdiri, hari semakin gelap segera kami membongkar barang bawan, mendirikan tenda dan menyiapkan makan malam.

Basecamp Tokuzawa
Tanpa menyalakan api penghangat, kami segera beristirahat untuk keesokan harinya.

Jum'at (14 Agustus 2015)

Pagi menyambut dengan cerahnya hari, wajah para pendaki yang riang, segera mengemasi kembali barang bawaan mereka. Dengan suasana teman pendaki yang berbeda bahasa, saya pun merasa asing, tetapi senang.
Perjalan hari ke dua, tujuan perjalanan menuju basecamp ke empat yaitu Karasawa. Pukul 7.30 perjalan kami lanjutkan.

Sebelum Karasawa terdapat basecamp ke tiga yaitu basecamp Yokoo. Pukul 9.30 kami tiba di Yokoo. Terlihat banyak pendaki yang istirahat sejenak, untuk memulihkan tenaga.

Di Yokoo terdapat percabangan jalan antara pendakian Kitadake dan Yarigatake.

Setelah rasa capek berkurang, perjalanan segera saya lanjutkan,

Perjalan yang masih jauh, dengan beban yang masih berat, bertambah terjalnya jalan yang saya lalui, sangat menguras tenaga.
Ditemani kabut, bertambah dinginnya udara tidak terasa karena suhu tubuh yang panas.

Pukul 15.00 kami tiba di basecamp Karasawa. Terdapat banyak tenda yang sudah berdiri, dengan terlihat putihnya salju tidak menjadi masalah bagi para pendaki untuk bermalam disitu. Bebatuan yang terjal membuat sulit mencari tempat yang rata untuk mendirikan tenda.

Waktu yang luang untuk melihat lihat di sekitar basecamp, suasana yang sangat menyenangkan.

Hari semakin gelap, sebelum istirahat malam kami menyempatkan waktu untuk bertanya ke petugas basecamp setempat.
Sebenarnya saya bermaksud untuk melanjutkan perjalanan dini hari sebelum matahari terbit, untuk melihat sunrice di puncak. Setelah bertanya ke petugas setempat, perjalanan di waktu yang masih gelap dilarang, dikarenakan jalan yang terjal dengan jurang jurang yang curam membahayakan keselamatan.
Pendakian ke puncak di ijinkan pada pukul 5.00 dini hari, meskipun saya sangat kecewa sekali.
Untuk keselamatan, petugas setempat menganjurkan untuk memakai helem pelindung kepala.
Sebenarnya masih ada basecamp terakhir sebelum ke puncak, karena saya tidak tahu, saya bermalam di Karasawa
Malam yang cerah dan indah sekali..................